Saturday, 18 March 2017

DEMO TOLAK Pabrik semen, Warga Pasung Kaki Pakai Semen!

[Laskarsyahadat] VIVA.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno memastikan pabrik Semen Indonesia di Rembang, Jawa Tengah, akan resmi beroperasi pada April 2017. Pabrik dengan total investasi Rp4,9 triliun itu, rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo.

"Secara formal, pabrik telah selesai dan bisa berjalan lancar. Insya Allah bapak Presiden Jokowi akan meresmikan pabrik yang dijadwalkan bulan April, " kata Rini, di sela tinjauan pabrik semen Rembang, Jumat 17 Maret 2017.

Meski begitu, Rini belum memastikan tanggal peresmian tersebut. Pihaknya usai tinjauan ini mengaku akan langsung melaporkan kepada Presiden, terkait kesiapan operasional pabrik yang pembangunannya telah mencapai 99,16 persen. "Kita akan mengusulkan bagaimana kita dapat mengoperasikan ini," tuturnya.

Rini menyebut seluruh izin terkait keberadaan pabrik semen berkapasitas tiga juta ton per tahun itu sudah hampir rampung. Peresmian pabrik hanya tinggal menunggu hasil Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang akan diumumkan Presiden Jokowi. "Peresmiannya harus menunggu KLHS  dahulu, kita harapkan memang (KLHS) di April ini selesai, " kata Rini.

Terlepas dari rencana bisnis besar dari pemerintah,  bagaimana tanggapan rakyat daerah sekitar yang tentunya terkena dampak langsung.  Apakah warga menyetujui dengan hadirnya pabrik semen tersebut...? Namun pada kenyataannya warga menolak dengan melakukan semen pada kakinya,  Tanda dan sebagai simbol terpasang ya rakyat akibat hadirnya pabrik semen.

Berikut foto aksi warga dengan demo pasung dengan semen.

Bagikan

Jangan lewatkan

DEMO TOLAK Pabrik semen, Warga Pasung Kaki Pakai Semen!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

loading...